Selasa, Mei 07, 2013

Pahit manis Ujian Nasional 2013

Selamat sore atau selamat (sesuaikan waktu anda membaca postingan ini)!!
Okeh, skip.
Guys, sahabat dan pembaca sekalian. Kalian tau ga? Saya baru beres Ujian Nasional dan bangkenya saya baru nge-post sekarang. Okeh, gapapa. Mohon dimaaf, biasa anak so sibuk.


Saya mau bahas dan cerita tentang Ujian Nasional punya saya.
Seperti biasa nomor ujian dan tempat duduk disamakan seperti kita kalau lagi Ujian Sekolah, iya US yang dulu itu loh.
Saya kebagian nomor Ujian 25-021-353-8, dan duduknya disamping kanan(paling samping)bangku ketiga dari depan(paling belakang) dan kebagian nomor urut 13 di absen kelas. Selain itu, duduk dibangku saya lumayan menguntungkan karena saya jadi bisa senderan puas di tembok. Jadi bingung ya? Udah gausah dipikirin nanti pusing.
Iya, 4 hari yang biasa aja itu. Padahal galaunya hampir setengah tahun. Setengah tahun bro, sist saya ngerasa ada sesuatu yang ngeganjel.
Gatau saya doang yang ngerasa atau banyak orang juga sesama kelas akhir dalam suatu tingkatan._.

Tadaaaa dan itu adalah UJIAN NASIONAL.
Masih ingatkan UJIAN NASIONAL ANGKATAN 2013 yaitu "20 PAKET" *maaf capslock-nya jebol* dan kenapa UN tahun ini serasa ga adil banget buat anak SMP dan SMA.

Pasalnya banyak banget cobaan buat tahun ini.
Awal pertama adalah UN bagi anak SMA yang otomatis kakak-kakak sayalah yang lagi ikut Ujian Nasional. Saya mah berharap kalau UN tahun ini sukses dan lancar-lancar aja, tapi ternyata sejak hari pertama banyak banget berita tentang UN yang kurang sukses.
Anehnya, ADA AJA. SELALU ADA. oh god, why?
Semoga aja yang SMP ngga tapi ternyata memang alhamdulillah, yang SMP minim hambatan. Ya, meskipun ada tapi hal ini bisa diminimalisirkan.

Selain itu, teman-teman tau jugakan tentang rumor kertas Ujian Nasional yang punya barcode tersendiri? Iya jadi punya kodenya, kaya pin BB gitu. Lumayan, bisa di-invite *eh. Ini beda lagi. Waktu itu juga, saya dapet rumor katanya Kertas UN tahun 2013 sekarang ini, tipisnya ga ada dua. Sekali, hapus bisa langsung ngilang dan bahkan sobek. Ohmigod!! Maka dari itu disekolah saya udah diwanti-wanti kalau misalnya kita harus hapus dengan hati-hati dan bahkan sebenernya kalau kita ngisi jangan ada yang salah, jadi kita tandain aja di soalnya dulu. Oke, saya paham. Pas hari H, saya kira kertas LJUN bakal setipis kertas tisu, tapi ternyata ngga. Saya mah biasa aja sih, LJUN juga kaya kertas biasa. Mungkin ketebalan kertasnya aja yang kurang hihi jadi disangkanya tipis banget. Selain itu, Kertas LJUN juga menyatu sama soal. Jadi, sistem kerjanya adalah kita sobekin LJUN dengan Soal UN secara terpisah.
Contoh lembar jawaban Ujian Nasional 2013
Hari pertama saya Ujian Nasional itu pelajaran Bahasa Indonesia. Saya dateng kesekolah pagi banget! Bangun jam setengah 5 subuh dan tepat waktu datang kesekolah. Bahkan kayanya saya murid ke-3 yang dateng pertama di hari Ujian Nasional pertama banget, matahari aja belum muncul malah gelaploh. Maka dari itu, saya nungguin di bangku sendiri. Berharap ada yang dateng:')
Seperti biasanya Bahasa Indonesia itu pegel. Karena banyaknya bacaan yang harusnya dibaca padahal jawaban mah cuman secuil doang. Pengawas di ruang saya satu bapak-bapak dan ibu-ibu, ngga tau dari SMP mana. Sedihnya setiap jawaban yang tersedia di lembar soal, hampir semuanya mirip. Hampir semuanya benar dan hampir semuanya bisa dipilih. Bacaanya juga panjang-panajang, saya cuma bisa tegar aja. Soalnya ngecoh tiada dua, meski ga beda jauh sama Try Out yang sering sekolah saya adain tapi emang bener soalnya ngecoh banget. Saya ngerjain semampunya saya aja, bkan berarti saya ga berusaha, loh. Ada saatnya suatu hal memang berada jauh diatas kemampuan kita. Alhamdulillah.

Hari kedua saya UN bahasa Inggris, gabanyak yang saya ceritain disini. Soalnya Bhs. Inggris adaah pelajaran favorit saya jadi saya ngerasa enjoy dan relax aja. Meskipun ga jauh beda sama Bhs.Indonesia yaitu sama-sama baca dan sama-sama males baca.
Ada beberapa soal yang emang bikin saya kebingungan, maka saya lewat dan pertimbangkan pada akhir-akhirnya. Sukses. Alhamdulillah.

Matematika!!!!! Aaaaaaaaw disaster!!!!
Hari ketiga UN adalah Matematika. Saya awalnya fine-fine aja, nyante-nyante aja karena saya pikir Matematika gabakal serumit ini. Saya ngerasa Matematika ga akan sesulit ini. Tapi, pas pengawas ngebagiin soal dan saya buka soalnya. Idiiiiih, saya pengen nangis goak-goakan. Rasanya ingin nangis dipojokan kelas. Bagian tengah-tengahnya tuh yang bikin saya kerepotan. Tapi dengan sebisanya dan memori yang saya punya. Saya berjuang, berusaha ngejawab soal Matematika yang ada di meja saya. Namanya galau tuh, galau bener. Galau tanpa basa-basi karena bingung. Waktu juga cepet banget nih kalau pelajaran Matematika. daaaan Alhamdulillah selesai.

Rasanya ngemplong banget kalau tau Ujian Nasional tinggal sehari lagi, meskipun emang rumit tapi untungnya saya ngerasa enjoy dan gak terlalu dibebani. Waktu emang berjalan cepet banget, tau-tau saya udah mau SMA aja.
Hari terakhirrrrr adalah pelajaran IPA, yang artinya ada biologi, fisika dan kimia. Karena tahu ini hari terakhir, dari awal datang ke kelas saya udah bahagia banget! Saya seneng, meski belum mulai Ujian. Saat saya buka lembar pertama dan selanjutnya, alhamdulillah saya bisa ngerjain. Tapi, pas liat IPA biologinya saya agak bingung dan aslinya saya pusing. Saya kurang ngena kalau hapalan biologi. Gatau kenapa tapi saya lebih milih ngerjain fisikanya. Pas biologi saya coba nginget-nginget yang ada di otak saya, semuanya diinget kembali. teeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet....Alhamdulillah.........bel!

Satu kelas langsung teriak, alhamdulillah sekali 4 hari yang penat akhirnya selesai.
Bangga juga udah beres ujian Nasional. Bangga banget sama apa yang udah saya perjuangkan selama 2 tahun ini. Waktu emang gak kerasa, tapi emang Ujian Nasional udah beres dan saya tinggal berjuang buat masuk SMA yang saya idam-idamkan:')))

Apa yang buat saya semanget buat ngehadapin Ujian Nasional satu faktornya juga adalah karena Kamu. Iya, saya tau kalau waktu itu kita hubungan jauh-jauhan, kamu di jakarta aku stuck disini dan harus nunggu UN waktu itu kalau mau ketemu sama kamu. Iya, saya malah makin semangatlah!

Temen-temen harus tau ya, sebenarnya saya bukan apa-apa kalau tanpa keluarga saya. Saya mungkin putus asa sebelum Ujian Nasional kalau ngga ada yang dukung kayak keluarga saya. Saya seneng banget, mereka selalu ada disaat saya benar-benar butuh mereka. Mereka support saya, apalagi do'a dari keluarga penting banget terutama Ibu sama Papah. Pastinya disetiap do'a mereka pasti selalu ada nama anak-anaknya.
Bukan cuma keluarga, makasih juga buat temen-temen dan kakak-kakak yang udah nyemangatin saya mau Ujian Nasional, dan efeknya adalah saya ga takut dan siap ikut UN yang ribetnya minta ampun itu.

Terima kasih banyak semuanya dan doanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bertumbuh, sebuah proses.

Hiruk pikuk dan apa yang terjadi saat ini, dibanyak sela kehidupan; mengharuskan saya berpikir secara logis dan rasional. Saya merasa bahwa ...